Selasa, 25 Oktober 2011

"KOLESTEROL"

Tahu nggak teman-teman kolesterol itu banyak macamnya loh..... melalui tulisan ini aku mau berbagi info tentang kolesterol, moga aja bermanfaat bagi yang baca........
Kebanyakan orang menganggap bahwa kolesterol itu merupakan penyakit berbahaya yang sulit disembuhkan serta dapat menyebabkan kamatian bagi mereka yang mengidap penyakit ini. Tetapi pada kenyataannya tidak semua kolesterol itu jahat ada kok juga kolesterol yang baik. Disini saya akan mengurai apa itu kolesterol dan jenis-jenisnya.

Apa kolesterol itu? Kolesterol dibuat didalam tubuh dan diperoleh dari makanan seperti mentega, kuning telur, dan daging. Hati adalah bagian tubuh yang memproduksi kolesterol, yang bertugas membawa lemak ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan lemak untuk energi, atau untuk di simpan, seperti di panggul atau perut. Fungsi dari kolesterol itu sendiri adalah membawa lamak yang sudah tercerna dari hati ke seluruh tubuh.pembuluh  darah bertindak sebagai jalan rayanya, setelah menunaikan tugasnya, kolesterol akan kembali lagi ke hati. Begitulah siklusnya yang terjadi.
Jenis-jenis kolesterol, yaitu;
·      LDL-C ( Law Density Lipoprotein) atau kolesterol JAHAT
Kolesterol ini bertugas membawa kolesterol dari hati ke seluruh sel dalam tubuh. Jika kolesterol yang tersedia melebihi jumlah yang dibutuhkan, LDL tidak kembali ke hati melainkan akan tetap  bersilkulasi dalam aliran darah lalu disimpan didinding dalam arteri (pembuluh darah nadi). Itulah sebabnya mengapa ia disebut “kolesterol jahat” karena menyebabkan sumbatan yang mengurangi suplai darah.
·      HDL-C ( High Density Lipoprotein) atau kolesterol BAIK
Mengapa HDL dikatakan kolesterol “baik” itu di karenakan kolesterol ini mengalir dalam aliran darah di seluruh tubuh dan membawa kolesterol menuju hati untuk dibuang.
·      VLDL-C ( Very Low Density Lipoprotein Cholesterol) atau kolesterol lipoprotein berdensitas rendah.
Partike lemak yang besar yang disebut kilomikron dan asam lamak mambentuk VLDL. VLDL itu sendiri berfungsi sebagai energi dan lamak cadangan.
·      Trigliserida: ( sejenis lemak dari makanan)
Merupakan jenis lemak lain yang dihasilkan di hati. Dalam makanan manusia, labih dari 95% lemak makanan berbentuk “trigliserida”.
·      Lp (a): ( jenis kolesterol terburuk)
Para peneliti telah berhasil mengidentifikasi bentuk lain dari lamak yang disebut ”lipoprotein (a) atau Lp(a). Ia dikenal karena berhubungan dengan penyakit “aterosklerosis” dan  “jantung koroner”. Lp(a) lebih berhubungan dengan genetik daripada diet. Penapisan Lp(a) penting untuk mengetahui apakah seseorang menderita penyakit jantung secara genetik dan membantu menurunkan faktor resiko lainnya yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung.   


Fakta –fakta tentang penyakit “aterosklerosis”
Aterosklerosis terbentuk selama bertahun-tahun dan dapat menyebabkan kelumpuhan, bahkan kematian. Nama aterosklerosis berasal dari bahas Yunani yang berarti penebalan arteri dalam waktu yang lama karena akumulasi lipid.


Terapi dan obat  yang berhubungan dengan peningkatan kadar kolesterol, yaitu:
  •  Penyeka Beta/Beta Blockers (Atenolol, Propanolol, Metaproponolol)
Penyeka Beta umum digunakan. Salah satu efek samping utamanya adalah meningkatkan kadar LDL dan menurunkan HDL-C.
  •  Diuretik (Hidroklortiazide)
Obat ini sering dikomsumsi oleh pasien “darah tinggi”. Tentunya bersama obat darah tinggi, pasien juga mengkomsumsi diuretik yang membantu menurunkan beban cairan dalam tubuh. Sayangnya diuretik  tidak hanya meningkatkan kadar kolesterol total, tetapi juga menurunkan kolesterol baik (HDL-C). Diuretik juga meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL-C) dan Trigliserida.
  •  Pil kontrasepsi
  •   Kortikosteroid (obat ini dikomsumsi oleh penderita rematik, asam, DLL)
  •   Steroid anabolik

Beberapa makanan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi pasa tubuh
Ø  Bawang Putih
Bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah pengerasan arteri. Bawang  putih juga membantu mengencerkan dan menurunkan tekanan darah.
Ø  Kedelai
Mangandung lemak tak jenuh dan dapat memperbaiki kadar kolesterol. Dapat ditemukan dalam minyak kedelai, tahu, dan susu kedelai.
Ø  Stanol
Banyak ditemukan pada tumbuh-tumbuhan dan minyak kedelai. Stanol membantu menurunkan kadar kolesterol.
Ø  Kacang-kacangan
Kacang almond, walnut, dan makademia mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol.


Bukan saja makanan dan obat-obatan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol melainkan “stres” juga dapat meningkatkan kadar kolesterol.
     Stres mengakibatkan produksi hormon adrenalin and tiroid yang berlebihan. Stres juga menyebabkan produksi hormon ginjal yang berlebihan. Melalui berbagai makenisme, terjadilah peningkatan kadar kolesterol dan tekanan darah. Pengerasan, penebalan pembuluh darah, dan penumpukan lemak pun terjadi yang kemudian dapat memicu resiko serangan jantung dan stroke.

Teknik menghilangkan stres
1.      Olahraaga
2.      Berpikir positif (berfikirlah dengan jujur, positif, dan terarah)
3.      Pengalihan perhatian
4.      Tertawa
5.      Berimajinasi


Sumber : Arora, Dr. Anjali. 2007. 5 langkah memahami kolestero.Jakarta: PT.Bhuana Ilmu
                Populer.
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar